Dapur Solo Menjamu Istana Negara

Setelah tahun lalu Dapur Solo mendapat kehormatan untuk menyajikan hidangannya di Istana Merdeka sebagai catering untuk acara malam hari yaitu penurunan bendera, tahun ini Dapur Solo kembali hadir untuk kedua kalinya pada perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-72 di Istana, Kamis (17/8/2017) tahun ini, bersama dengan Ikikoue sebagai kali pertamanya.

  


Bermula dari pukul 5 pagi, tim Dapur Solo sudah hadir dan menyiapkan makanan di dapur Istana untuk sajian pagi, yaitu asem-asem daging, wedang jahe rempah, dan kunyit kencur. Setelah selesai, Ibu Swan, selaku pendiri Dapur Solo, bersama tim mempersiapkan penyajiannya sembari menunggu tamu kehormatan selesai melaksanakan upacara bendera yang berjalan dengan khidmat.

Seusai pengibaran bendera merah putih, Bapak Presiden dengan segenap tamu kehormatan yang mengenakan pakaian tradisional modern dengan berbagai ragam dan warna pun masuk ke dalam istana untuk menikmati hidangan yang telah tersedia. Ikikoue menyediakan bubur jawa, yaitu berbagai jenis bubur manis dalam kendil: bubur sumsum, kacang hijau, ketan hitam, kolak pisang dan biji salak. Disajikan pula tumpeng sawut yang berisikan kue tradisional yaitu sawut singkong, ketan hitam, grontol jagung, cenil ubi ungu, getuk pelangi dan lopis, serta kue nampan atau yang umumnya juga dikenal sebagai kue tampah, yang berisikan jajanan tradisional seperti kue ku, kue mangkok, getuk pelangi, lemper, risoles ragout dan pastel. Ikikoue mewarnai istana dengan warna warni jajanan dan cemilan tradisional.

Ibu Swan juga berkesempatan langsung untuk menyajikan kunyit kencur kepada Bapak Presiden Joko Widodo dalam jamuan tersebut. Kedua minuman jamu tradisional buatan Ibu Swan menjadi minuman yang dicari-cari oleh para tamu kenegaraan.

Di hari Kemerdekaan RI yang cerah ini, selain turut merayakan semangat kemerdekaan, Dapur Solo juga menghaturkan doa dan syukur atas penyertaanNya kepada negara ini, tanah air kita Indonesia, juga harapan untuk Indonesia yang semakin lebih baik lagi, semangat kerja bersama membangun Indonesia yang semakin maju dan jaya. Terima kasih kepada segenap Sahabat DS yang terus mendukung dan semangatnya kepada Dapur Solo.

Maju terus Indonesia!

REKOMENDASI ARTIKEL